Sayur dan Buah cegah Kanker

STEMPEL 13 MENIT


SEBUAH penelitian di Korea menemukan bahwa buah dan sayuran dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker usus besar. Senyawa luteolin dan flavonoid yang terdapat di buah dan sayuran terbukti memiliki antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa luteolin mampu menghambat aktivitas jalur sel sinyal (IGF dan PI3K) yang penting untuk pertumbuhan kanker pada sel kanker usus besar.

Para peneliti dari Korea menemukan luteolin mampu memblokir sekresi IGF-II sel kanker usus besar dalam waktu dua jam dengan cara menurunkan jumlah reseptor (IGF-IR) protein precursor. Luteolin juga mengurangi jumlah reseptor aktif (diukur dengan IGF-I fosforilasi).

Penelitian yang dipimpin Profesor Han Jung Yoon Taman menemukan sel luteolin yang terkena jalur sinyal yang diaktifkan IGF-I pada kanker dan Luteolin menghambat efek stimulasi pertumbuhan IGF-I.

"Studi kami, menunjukkan bahwa luteolin mengganggu sel sinyal pada sel kanker usus besar," kata Yoon Taman.

Hasil penelitian menambah deret pentingnya konsumsi buah dan sayuran agar terbebas dari beragam penyakit, khususnya kanker.

0 Response to "Sayur dan Buah cegah Kanker"

Posting Komentar