Teh Hijau dan Khasiat - Manfaat

STEMPEL 13 MENIT

Aktivitas diluar rumah membuat tubuh sering mengeluarkan keringat yang terkadang menimbulkan bau badan tidak sedap. Namun jangan khawatir, bau badan yang sering mengganggu bisa di atasi dengan teh hijau. Pasalnya teh hijau memiliki aroma yang khas yang bisa memunculkan wangi segar dari dalam tubuh, selain kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Bau badan disebabkan oleh banyak hal, seperti polusi udara, sinar matahari dan debu. Bau badan atau yang lebih popular dengan sebutan BB memang sangat menggangu aktivitas kita, bahkan hal yang cenderung sepele ini bisa mempengaruhi hubungan dengan sesama. Factor yang menyebabkan aroma tak sedap (BB) ini muncul karena kurangnya menjaga kebersihan badan, terkena sinar matahari dan polusi lingkungan atau udara adalah factor terbesar yang dapat menimbulkan bau badan menimpa seseorang. Bau badan bisa juga ditimbulkan dari pola makan yang buruk, seperti sumber protein hewani yang berlebihan. Mengonsumsi daging kambing, bawang goreng, bawang putih berlebihan, makan durian berlebihan juga dapat menimbulkan bau badan. Karena pola makan yang buruk itu dapat menghasilkan sisa metabolisme yang tidak baik, sehingga dapat mengakibatkan bau badan.Bau badan dapat juga ditimbulkan dari penyakit kronis serta terlalu banyak mengonsumsi makanan instant.

Bau badan dapat dicegah dan diatasi antara lain dengan bahan yang mengandung antioksidan. Salah satunya adalah teh hijau.

Kandungan yang dimiliki Teh Hijau :

Antioksidan & Polyphenol
Yang mampu mengurangi resiko penyakit jantung, membunuh sel tumor, dan menghambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, kanker usus terutama sel kanker kulit. Selain itu kedua zat ini dapat membantu kelancaran proses pencernaan makanan melalui stimulasi peristalsis dan produksi cairan pencernaan. Kandungan antioksidan yang tinggi juga berguna untuk memacu peremajaan sel.

Fluoride
Bermanfaat memperkuat  struktur gigi.

Mangan
Dapat membantu penguraian gula menjandi energy, sehingga membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Senyawa Golongan Tanin
Mampu mencegah dan mengobati gannguan pada ginjal.

Senyawa Saponin
Dapat mengharumkan badan yaitu senyawa sabun yang dapat mengharumkan badan. Bisa terlihat ketika merebus teh, akan muncul buih-buih busa.

Minyak Atsiri
Adalah minyak nabati yang dapat memunculkan aroma harum. Namun karena sifatnya minyak, maka minyak asitri mudah menguap. Agar kandungan teh hijau tetap terjaga dengan baik, sebaiknya menyimpan teh hijau pada tempat yang lembab.

Daun teh yang basah dapat digunakan sebagai kompres kulit yang terkena gigitan serangga, terbakar sinar matahari, atau sebagai penyegar untuk mata yang lelah.
Adapun Aturan Minumnya adalah sebagai berikut :

Teh hijau dapat diminum 3-5 gelas per hari dan lebih baik diminum saat perut dalam keadaan kosong, atau paling tidak tiga jam setelah makan. Cara penyeduhannya, teh hijau tidak menggunakan air yang mendidih, tingkat panas air sekitar 80oC. Seduh dengan air mendidih akan menghilangkan rasanya, serta tidak perlu ditambahkna gula karena kandungan zat-zat yang ada pada teh akan berkurang.

Minum teh hijau terbilang lebih baik dibandingkan ramuan herbal lain, karena selain aromanya yang khas, kadar kafein yang terkandung dalam teh hijau lebih sedikit dibandingkan kopi. Dalam secangkir teh hanya mengandung kafein sebanyak 3-5% atau rata-rata 9-40 mg, dibandingkan dengan kopi 80-125 mg. Jika rajin meminum teh, maka tubuh dan pikiran akan lebih segar. Kafein pun mempunyai pengaruh positif pada aktivitas mental dan dapat memperbaiki proses pencernaan makanan dalam lambung, namun dalam porsi yang pas seperti pada teh.

Pencernaan yang baik akan membakar lemak dalam tubuh seefisien mungkin. Dengan demikian, masalah bau badan, terutama yang disebabkan oleh kurang bagusnya pencernaan, bisa teratasi.

Teh Hijau Aman Bagi Ibu Hamil

Mengonsumsi dalam batas wajar, teh hijau tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Selama dalam konsumsi yang tidak ekstrem, baik teh hijau maupun herbal lainnya tidak menimbulkan efek samping. Ibu hamil pun boleh meminum  teh hijau, asalkan tidak terlalu banyak, cukup 3-4 gelas perhari. Teh hijau di anggap aman bagi si jabang bayi karena kandungan antioksidannya dapat memperkuat system kekebalan tubuh si ibu hamil.

Incoming search terms:
Khasiat dan manfaat Teh Hijau untuk kesehatan