Manfaat Buah Selasih / Biji Kemangi

STEMPEL 13 MENIT


Baik Kemangi dan Selasih memang masih satu spesies termasuk dalam famili Ocinacea. Nama latin Kemangi adalah Ocinum Bassilum Ferina Citratum. Sedangkan Selasih Ocinum Bassilum L. Kemangi dikenal juga dengan nama lampes, kemangi hutan atau kemangi kebo. Bahkan, di beberapa daerah, kemangi biasa disebut selasih.

Biji mungil berupa titik hitam dengan selaput putih di kelilingnya ini sering jadi campuran aneka minuman dingin. Meskipun sebagai pelengkap si kecil ini ternyata sangat kaya akan khasiat. Menambah kekebalan tubuh hingga meredam demam.

Biji ini jika kering berwarna hitam berukuran mungil sebesar biji wijen hitam. Jika direndam air akan terlihat selaput bening di pinggirannya. Biasanya, biji yang disebut basil seed atau biji selasih ini digunakan sebagai pelengkap dalam es buah atau puding.

Biji selasih berasal dari tanama Basil Thailand, diperkenalkan di banyak negara oleh orang India dan sudah menjadi bagian perawatan Asia Selatan untuk sakit pencernaan dan sakit jantung. Basilikum atau Ocimum adalah segolongan tanaman yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum).

Masyarakat China banyak menggunakan biji selasih sebagai penawar demam karena kandungan zat di dalamnya dapat menurunkan panas tubuh. Selain itu, biji selasih digunakan untuk merawat gigitan serangga, obat batuk dan menambah selera makan.

Biji selasih dapat dikonsumsi kapan pun, namun saat terbaik adalah sebelum tidur. Biji Selasih dipercaya mempunyai efek yang sama seperti antibiotik yang melawanbakteri. Dalam penelitian tahap awal pada 2010, Sutter Gould Medical Foundation menyebutkan biji selasih dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

"Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya" QS 55:12
Ahli tafsir Al-Hasan berpendapat bahwa Al-Raihan yang dimaksud dalam ayat diatas adalah Kemangi dengan Biji selasih 

Masyarakat Eropa mengenal Al-raihan (kemangi dan biji selasih) untuk pengobatan dan banyak dikenal dengan Rumput Ratu. dan tumbuhan ini sangat populer di Inggris

Menurut Kedokteran Klasik
Dalam kedokteran masa lalu Selasih dipergunakan untuk pengobatan 
1. Diare Kuning
2. Meredam Mulas pada perut
3. Wasir
4. Ambien
5. Mimisan
6. Membangkitkan semangat
7. Membantu kerja pencernaan
8. Mencegah mual dan kembung
9. Digunakan wanita yang mengalami penyempitan dinding Rahim
10. Obat Ayan
11. Menguatkan rambut
12. Mengurangi rasa sakit saat haid
13. Insomnia