Memanfaatkan Limbah Dapur

STEMPEL 13 MENIT

Setiap makanan ataupun bahan makanan tentunya memiliki umur ataupun usia layak makan. Padahal kita dilarang untuk menyianyiakan bahan makanan yang telah Tuhan berikan kepada kita, atau membuat itu memjadi Mubazir. Disamping itu manusia juga dituntut untuk memakan yang Halal dan juga Toyib (Bermanfaat bagi tubuh). Nah dari pada membeli makanan baru dan membuangnya mendingan mulai sekarang kita belajar bagaimana mengubah makanan yang masih bisa dimanfaatkan keselanjutannya.

Tanda makanan yang sudah tidak bisa dipakai lagi biasanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Artinya makanan tersebut sudah mengandung bakteri dan hanya bisa menempati keranjang sampah. Nah sebelum makanan tersebut menjadi basi mari kita manfaatkan supaya bisa dikonsumsi dan berikut ini Tips Tpsnya

1. BUAH
Kadang sering kali kita terlalu lama menyimpan buah dan lupa untuk mengkonsumsinya secara langsung. dan umur buah itupun ada masanya dimana akan menjadi tidak segar lagi, diantaranya ciri cirinya buah menjadi mengkerut dan bila disimpan ditempat terbuka akan menjadi berubah warna.
Apabila sudah menjadi seperti itu tidak ada salahnya kita mengubah buah buahan tersebut menjadi sesuatu yang bisa kita manfaatkan dengan cara membuat menjadi selai buah. Dengan cukup tambahan gula dan blender kita bisa merubah menjadi selai.

2. Sayuran.
Begitu pula dengan sayuran, dengan sendirinya sayuran akan menjadi layu pada kondisi tertentu, dan cara memanfaatkanya kita bisa merubah sayuran menjadi Salad atau tumisan.

3. Sisa sayuran
Setiap kali memasak tentunya kita mempunyai potongan sayuran. Tidak ada salahnya anda menyimpan dan pada waktu berikutnya anda bisa memanfaatkan dan disulap menjadi SUP KALDU. Dengan menambahkan rempah rempah maka akan menjadi Sup Kaldu yang bermanfaat

4. Nasi
Kadang kala kita membuang nasi yang sudah tidak terpakai dalam sisa Magicjar, tapi kalau kita mau sedikit cerdas tentunya kita bisa memanfaatkan nasi tersebut menjadi Nasi Goreng yang layak dikonsumsi dan bisa juga ditambah sayuran dll

5. Sampah bawang merah & bawang putih
.Setiap kali kita mau memasang tentunya akan sering kita mengkuliti bawang merah dan bawang putih dan langsung saja kita buang kekotak sampah. Nah sebelum kulit tersebut kita buang ketempat sampah kita bisa memanfaatkanya dengan mengumpulkan sebanyak mungkin kulit bawang merah/putih.
Yaitu setelah terkumpul kita manfaatkan disaat kita mempuat telur pindang.
Setelah Telur direbus matang dan dikuliti, masukan terlur tersebut kedalam panci berisi air dan kulit bawang merah/pituh ditambah daun jambu klutuk berserta kecap secukupnya. dan alhasil adalah Pindang Telur yang gurih nikmat dan keras/kenyal.

6. Acar
Manfaatkan mentimun, wortel, cabe dan sayuran lainya. dan rubah menjadi acar.


0 Response to "Memanfaatkan Limbah Dapur"

Posting Komentar