Wisata Kuliner Solo

STEMPEL 13 MENIT
Informasi wisata kuliner di Kota Solo. Berbagai rumah makan di Solo, makanan tradisional, menu masakan Solo, jajajan Solo dan bermacam alternatif sajian hidangan khas Solo Raya.

Tengkleng Solo
Kuliner di Solo -  Tengkleng Solo
Kenikmatan menyantap Tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan mengisap-isap isi tulangnya.


Tengkleng merupakan makanan semacam gulai kambing tetapi kuahnya tidak memakai santan. Isi tengkleng adalah tulang-belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel, bersama dengan sate usus, sate jerohan, otak dan juga organ-organ lain seperti mata, telinga,pipi kaki dan lain-lain.
Kenikmatan menyantap Tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang menempel pada tulang dan mengisap-isap isi tulangnya.
Info lokasi:
Warung lbu Ediyem, samping Gapura Pasar Klewer - Buka sejak pagi.
Warung Tengkleng Yu Tentrem, Jalan Letjen Sutoyo, Bibis - Buka sejak pagi.



Cabuk Rambak
Kuliner di Solo -  Cabuk Rambak
Cabuk Rambak biasa dijajakan berkeliling kampung pada hari-hari biasa. Saat perayaan Sekaten bisa dijumpai tersebar disekitar halaman Masjid Agung Keraton.

Cabuk Rambak adalah makanan dengan menu utama ketupat.  Memakai ketupat yang disebut Gendar Janur, karena beras ini dimasak didalam anyaman janur / daun kelapa yang masih muda.
Yang membedakan dengan makanan ketupat  di daerah lain adalah bumbunya. Bumbu Cabuk Rambak memakai wijen yang digoreng bersama santan kelapa, cabal, bawang putih, kemiri dan gula merah.
Makanan istimewa ini disantap dengan Karak, sejenis kerupuk dengan bahan dasar beras. Lebih unik lagi, karena untuk menikmati kita mempergunakan lidi.

Info lokasi:
Juga dapat dijumpai di Pasar Windujenar / Ngarsopuro Night Market pada hari Sabtu malam.



Sate Buntel
Kuliner di Solo -  Sate Buntel
Sate Buntel adalah sate kambing yang dicincang dan kemudian dibuntel (dibungkus) dengan lemak kambing.


Sate Buntel adalah sate kambing khas Kota Solo yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan Gule Sumsum.
Info lokasi:
Sate Kambing Tambak Segaran, Jalan Sutan Syahrirno.39 Widuran. Buka jam 09.00 WIB.




Pecel nDeso Solo
Kuliner di Solo - Pecel nDeso Solo
Pecel nDeso Solo merupakan salah satu menu kuliner di Solo yang wajib Anda nikmati.

Pecel nDeso Solo adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama belut goreng, wader pari digoreng , telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.
Info lokasi:Waroeng Tempo Doeloe, Jalan Dr. Supomo 55 Pasar mBeling Solo.
Kawasan Pasar Windujenar, khusus hari Sabtu malam.
Juga dijajakan oleh ibu-ibu penjual pecel  yang berkeliling kampung.


Timlo Solo
Kuliner di Solo - Timlo Solo
Timlo Solo merupakan salah satu hidangan favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Solo.

Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang terdiri atas sosis ayam yang dipotong-potong, telor ayam pindang dan irisan hati serta ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, Timlo Solo tidak memakai soup dan jamur.
Info lokasi:Timlo Sastro, sebelah timur Pasar Gede - Buka jam 07.00 WIB.
Timlo Solo, Jalan Urip Sumoharjo - Buka jam 09.00 - 21.00 WIB.


Nasi Liwet
Kuliner di Solo - Nasi Liwet
Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal, rasanya gurih dan enak.

Nasi Liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal. Adalah beras yang dimasak dengan kaldu ayam yang membuat nasi terasa gurih dan beraroma lezat. Nasi tersebut dicampur dengan sayur labu Siam yang dimasak sedikit pedas, telur pindang rebus, daging ayam yang disuwir, kumut(terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Disajikan dengan memakai daun pisang yang dipincuk.
Info lokasi:
Warung Nasi Liwet Wongso Lemu, Keprabon - Buka mulai jam 18.00 WIB.
Warung Nasi Liwet di seputaran bundaran Solo Baru - Buka mulai jam 18.00 WIB.



0 Response to "Wisata Kuliner Solo"

Posting Komentar