Wanita Hamil Wajib Makan Buah dan Sayur!

STEMPEL 13 MENIT

Buah dan sayuran sudah lama jadi andalan asupan nutrisi. Anak, remaja, dewasa hingga lansia diwajibkan untuk mengonsumsinya. Khusus untuk wanita hamil, manfaatnya tak hanya dirasakan sang ibu, namun juga membuat janin dalam kandungannya suka sayur dan buah!

Menurut peneliti Dr. Julie Mennella, secara biologis, bayi lebih tertarik dengan makanan yang mengandung garam dan gula. Sebaliknya, mereka agak sulit untuk makan makanan yang agak asam, seperti sayuran hijau. Karenanya, si kecil harus diperkenalkan dengan buah dan sayur sejak dini agar terbiasa dengan cita rasanya.

"Penelitian terbaru kami menunjukkan jika bayi bisa belajar lebih cepat mengenai makanan sehat. Makanlah makanan sehat yang bisa Anda nikmati dan saat si kecil sudah cukup usia untuk disapih, mereka akan akrab dengan citarasanya," kata Dr. Julie.

Penelitian yang dilakukan Dr. Julie dan timnya di Monell Centre Philadelphia tersebut melibatkan 46 ibu dan bayi berusia 6 bulan hingga satu tahun. Yang diteliti adalah seberapa tertarik bayi-bayi ini mengonsumsi sereal dengan rasa wortel.

Disimpulkan, jika anak dari ibu yang minum jus wortel beberapa kali seminggu lebih mudah menyukai rasa wortel. Mereka makan lebih dari 80gram sereal, dibandingkan dengan bayi lain yang ibunya tak suka makan wortel. Mereka hanya makan sekitar 44 gram sereal rasa wortel.

"Itu membuktikan jika kita dipengaruhi oleh perilaku sejak awal. Anak mengetahuinya sejak dalam rahim dan lewat air susu ibu. Apakah anak tersebut minum ASI atau susu botol, mereka tetap bisa mempelajarinya. Jika secara teratur diperkenalkan pada buah dan sayur, mereka akan mulai menerima makanan ini, kata Dr. Julie.