Manfaat Jus Tomat

STEMPEL 13 MENIT
Lupakan minuman berenergi setelah latihan olahraga berat. Para ahli menemukan bukti baru tentang khasiat tomat. Rupanya, tomat menyediakan bahan kimia penting untuk tubuh yang mengalami ketegangan dan peregangan seusai latihan berat. 

“Jus tomat membantu memulihkan otot dan mengembalikan gula darah dalam tingkat yang normal,” demikian hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal toksikologi kimia dan makanan baru-baru ini.
Sejumlah ahli pada sejumlah lembaga kesehatan di Yunani melakukan tes pada 15 atlet selama dua bulan. Mereka mengelompokkan para atlet ini dalam dua grup dan melihat tanda-tanda vital sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Sembilan dari 15 atlet ini mengkonsumsi jus tomat dan sisanya mengkonsumsi minuman energi bersoda yang biasa mereka minum.

Hasilnya, mereka yang minum jus tomat memiliki tingkat pemulihan otot dan kadar gula darah yang lebih cepat normal setelah latihan berat. Tomat mengandung senyawa Lycopene dan antioksidan untuk memerangi kanker. 

Sebelumnya, para peneliti di Stockholm, Swedia, juga menemukan bahwa jus tomat membantu mengurangi kerusakan oksidatif seusai latihan berat. Mereka meminta sekelompok sukarelawan sehat berolahraga dengan kapasitas kemampuan jantung maksimal 80 persen selama 20 menit. Setelah itu menguji darah mereka dan menemukan hasil yang signifikan setelah mereka meminum jus tomat.
Hasil penelitian terbaru, jus tomat ini efektif untuk mengembalikan kerusakan otak dan protein yang berbahaya pada tubuh. Dalam waktu dua bulan, mereka, yang mempunyai tingkat protein yang membahayakan tubuh, kondisinya lebih baik. 

Tempo