Bakso Daging Babi Beredar

STEMPEL 13 MENIT
Jakarta - Pedagang bakso di daerah Cipete digerebek Polisi karena menggunakan daging babi. Bagi warga yang sudah terlanjur mengkonsumsi bakso babi yang mereka kira adalah bakso sapi, jangan khawatir. Sebab, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan jika mereka tidak tahu, akan mendapat ampunan.

"Mereka mudah-mudahan diampuni karena ketidaktahuan itu. Karena selama ini di Indonesia lazimnya bakso itu dibuat dari daging sapi," ucap Wakil Ketua MUI Bidang Fatwa, Ali Mustafa Ya'qub saat dihubungi detikcom, Kamis (13/12/2012).

Ali mengatakan, harga daging sapi yang mahal seharusnya tidak menjadi alasan bagi penjual bakso untuk menggantinya dengan daging babi. Sebab yang menyebabkan daging babi diharamkan adalah faktor kenajisannya.

"Harga daging mahal itu adalah alasan klasik. Itu kan variatif. Ada yang harganya rendah sekali seperti lemak, ada yang harga sedang dan ada yang tinggi sekali. Bukan karena murah diharamkan dan mahal dihalalkan. Itu karena faktor kenajisannya," pungkas Ali.

Sebelumnya jajaran Polda Metro Jaya dan Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Selatan mengerebek sebuah kios yang menjual bakso daging babi. Penggerebakan ini dilakukan setelah pengintaian selama tiga minggu. Penangkapan dilakukan kemarin.

Di dalam kios sederhana yang beralamat di Jalan Damai, Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu terdapat puluhan kg daging babi. Ditemukan daging babi 50 kg dan daging yang sudah diolah menggunakan tepung 15 kg.

Saat digerebek, terdapat seorang pemilik kios, Eka, dua orang karyawan kios dan dua orang pembeli bakso bernama Bahirun dan Suryono. Kedua pembeli bakso tersebut mengaku tidak mengetahui bahwa bakso yang mereka beli merupakan campuran daging babi.

Sumber : Detik.com

Berita Terkait :

Beredar Bakso Babi, MUI Desak DPR Segera Sahkan RUU Jaminan Produk Halal

Pedagang Daging: Bakso Babi Gunakan Daging Celeng yang Lebih Murah

Cegah Bakso Daging Babi, Pedagang Diimbau Tak Tergiur Harga Murah

Penjual Bakso Daging Babi di Cipete Hanya Didenda Rp 5 Juta

Hati-hati! Daging Babi dan Sapi pada Bakso Susah Dibedakan

Penjual Bakso di Cipete Gunakan Daging Babi karena Daging Sapi Mahal

Jual Bakso Daging Babi, Sebuah Kios di Cipete Digerebek Polisi