Home » » Dampak Buruk dari mencukur Bulu Ketiak

Dampak Buruk dari mencukur Bulu Ketiak

Written By FADJAR STEMPEL on Rabu, 21 September 2011 | 7:36 PM



Amati ketiak Anda. Curigai bila terdapat benjolan yang kian membesar tanpa sakit. Bisa jadi benjolan itu adalah gejala limfoma. Dalam bahasa medis disebut sebagai Non-Hodgkin Lymphoma (NHL).
Benjolan tidak normal yang muncul di tubuh memang banyak artinya. Selain bisa diartikan sebagai gejala dari limfoma non Hodgkin, benjolan di ketiak juga bisa hanya abses akibat luka yang meradang.
"Mungkin karena kaum perempuan khususnya lebih sering mencukur bulu ketiak mereka. Tanpa disadari menimbulkan luka yang tidak terlihat, sehingga semakin lama semakin meradang," tutur dr.Ahmad Kurnia, Sp.B(K)-Onk.

Dengan mencukur bulu ketiak, pada ketiak dapat timbul banyak luka tak kasat mata. Pori-pori di daerah ketiak pun akan membesar. Ini memungkinkan toksinin dan zat kimia dari berbagai produk, seperti deodoran, bedak, dan krim dengan mudah memasuki kulit.

Untuk wanita yang kurang menjaga kebersihan, ketiadaan bulu ketiak juga memungkinkan bakteri dan kuman tertimbun di pori-pori dan memudahkan timbulnya abses dan bisul.
Tak hanya itu, luka sayatan yang tertutup dan tertimbun oleh deodoran ini bisa memungkinkan risiko terjadinya kanker payudara. Bisa jadi benjolan yang ada di ketiak tersebut adalah salah satu gejala kanker payudara.

Penjelasannya, pada saat luka sayatan yang tak kasat mata tersebut tertutup oleh deodoran antiperspiran, toksin mudah masuk ke dalam kulit. Sebabnya antiperspiran itu mencegah pengeluaran keringat yang bisa membantu melunturkan toksin yang masuk.

"Toksin yang masuk itu dapat tertimbun, dan akibatnya bisa memunculkan risiko kanker," katanya.
Diungkapkan, bulu ketiak berguna untuk melindungi ketiak dari zat racun yang hendak masuk dari luar tubuh. Karena di ketiak terdapat kelenjar limfa yang memudahkan transportasi racun, terutama ke payudara dan bagian tubuh lainnya.

"Kemungkinan transportasi toksin ke bagian tubuh lain juga ada, sehingga memang ketiadaan bulu ketiak juga memudahkan tumbuhnya kanker di bagian tubuh lain seperti paru-paru, jantung, dan otak, terutama bila di payudaranya sudah tumbuh kanker," paparnya.

Lebih lanjut, dr.Ahmad mengemukakan bahwa setiap rambut yang tumbuh di tubuh kita sebenarnya dapat menjaga organ vital yang ada di dekatnya. Adalah ironis banyak perempuan membuang bulu ketiaknya hanya karena alasan mode mengingat di dekat ketiak terdapat organ yang sangat penting, yaitu payudara.
Pria terbukti jauh lebih aman terhadap bahaya ini karena kebanyakan pria tidak mencukur bulu ketiaknya.
Catatan lain, menghilangkan bulu ketiak dengan cara seperti wax dan mencabutnya juga meningkatkan kerentanan yang sama terhadap kanker. Namun, membuang bulu ketiak dengan mencukurnya adalah yang paling berbahaya karena kemungkinan timbulnya luka-luka minor lebih besar.

Sementara cara lain justru membuat pori-pori jauh lebih besar daripada mencukurnya. Secara gair besar semua perlakuan itu sama bahayanya.

"Perempuan sebaiknya tidak perlu mencukur bulu ketiaknya karena bahayanya sangat besar dibandingkan dengan manfaatnya," imbuh dr.Ahmad.

Pesan Stempel | Bikin Stempel | Buat Stempel di Surakarta | di Solo
STEMPEL KILAT 13 MENIT JADI
hanya di FADJAR STUDIO'S
(Belakang Indomart Jl. Piere Tendean Nusukan Surakarta)
Dari Palang Joglo Kadipiro kearah selatan 300m
Jl. Kediri Utara 1 No.13 Bonorejo, Nusukan Solo | Surakarta
Melayani pembuatan stempel untuk :
Stempel Nama Untuk Amplop, Stempel Catering, Stempel Kantor, Stempel Usaha dll
Stempel Langsung Tinta | Stempel Warna | Stempel Automatis | Stempel Bantalan
Stempel Karet | Stempel Gagang Kayu | Stempel Gagang Kristal | Stempel Klise
PETA LOKASI STEMPEL KILAT 13 MENIT
thumbnail
Entry title: Dampak Buruk dari mencukur Bulu Ketiak
Rating: 100%
votes: 99998 ratings. 5 user reviews.
Reviewer: FADJAR STEMPEL
Item Reviewed: Dampak Buruk dari mencukur Bulu Ketiak
Share this article :

0 DO FOLLOW:

Poskan Komentar

Radio Stempel 13 Menit

LOKASI PESAN STEMPEL KILAT CEPAT JADI
 
Support : Dengarin Musik | Radio Indonesia | Radio Streaming Indonesia
Copyright © 2013. Resep No.1 - All Rights Reserved
Template Created by JOHNY WUSSS Published by Fadjar Studio'S
Proudly powered by Blogger