Khasiat dan Manfaat Buah Sawo

STEMPEL 13 MENIT

Buah sawo atau Achras Sapota L, selain aromanya yang harum dan rasanya manis buah ini sangat dikenal oleh masyrakat Indonesia. Dalam bahasa Inggris, sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Di India, sawo disebut chikoo, di Filipina dikenal sebagai tsiko, di Malaysia ciku dan masyarakat Tionghoa menyebut buah sawo sebagai hong xiƩm. Buah sawo biasanya dikonsumsi dalam keadaan matang dan segar.


Komposisi gizi buah sawo.

Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Kandungan kaliumnya,193 mg/100 g. Sawo juga memiliki kadar natrium, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Selain kaya akan kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting lainnya.

Kandungan mineral per 100 gram buah sawo:
kalsium ..........21 mg
magnesium ..........12 mg
fosfor ..........12 mg
selenium ..........0,6 mg
seng ..........0,1 mg
tembaga ..........0,09 mg
vitamin C ..........14,7 mg

Konsumsi 100 gram sawo dapat memenuhi 24,5 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dapat bereaksi dengan berbagai mineral di dalam tubuh. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga. Selain itu, konsumsi vitamin C dalam jumlah cukup dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah sawo juga mengandung asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Vitamin lain yang terkandung dalam buah sawo yakni riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan. Buah sawo juga mengandung banyak gula sehingga baik untuk digunakan sebagai sumber energi. Namun, buah sawo tidak dianjurkan bagi penderita diabetes melitus karena bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Rahasia Kesehatan Sawo untuk Menstabilkan Kholesterol di Dalam Darah

Frekuensi Sehat Energi 5 Elemen:
Oleh : Aleysius H. Gondosari

Frekuensi sehat dari buah sawo = 1/4 Hz. Hal ini berarti sawo cocok untuk organ pada elemen Udara, yaitu jantung dan paru-paru.
Indeks Manfaat Energi 5 Elemen:

Dari analisa Energi 5 Elemen, didapatkan Indeks Manfaat buah sawo untuk:
kholesterol = +30. Suatu angka yang cukup tinggi.
jantung = +10.
paru-paru = +10.
Indeks Kecocokan Energi 5 Elemen:

Dari analisa Energi 5 Elemen, didapatkan Indeks Kecocokan secara umum dari buah sawo untuk dikonsumsi = +80%. Hal ini berarti 80% orang akan cocok mengkonsumsi sawo.
Indeks Asam Lemak Tak Jenuh:

Dari analisa Energi 5 Elemen, didapatkan :
Indeks Asam Lemak Tak Jenuh = +10
Indeks Omega-3 = +10
Indeks Omega-6 = +5
Makanan sehat lainnya untuk menstabilkan kholesterol:

Tempe segar :
Indeks Manfaat untuk kholesterol = +10
Indeks Kecocokan = +50%
Indeks Asam Lemak Tak Jenuh = +5 (Omega-3 = +5, Omega-6 = +5)

Air Kelapa Tua yang Segar:
Indeks Manfaat untuk kholesterol = +20
Indeks Kecocokan = +10%
Indeks Asam Lemak Tak Jenuh = +10 (Omega-3 = +10, Omega-6 = +5)

Sumber: Berbagai sumber

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Buah Sawo"

Posting Komentar